Saturday, July 2, 2011

Yang Akan Berkunjung


Bertamu membuat kita semakin tahu, mengenal lebih jauh ke dalam (indepth), anggaplah ini semacam kicauan kata yang ditulis berkenaan dengan kunjungan KOPMA UIN SYAHID Jakarta ke PT. Coca-cola Indonesia.


BERKUNJUNG salah satu cara untuk mengetahui apa yang kita belum tahu, jiwa yang awam akan berusaha untuk diberikan isi dari apa yang tidak diketahui.

TUJUANnya ialah agar apa yang menjadi benak dalam kalbu bisa teratasi dengan sendirinya setelah berkunjung.

SIAPKAN pertanyaan sebelum berangkat, tulis di lembaran kertas apa-apa yang hendak ditanya.

RASAKAN apa yang ada di dalamnya, dan apa-apa yang terjadi di sekitar. Telisik lebih jauh apa yang mereka punya, sehingga kita tidak bertanya-tanya lagi di kemudian hari.

PRIORITASkan hal-hal yang pokok, lepaskanlah dulu hal yang tidak begitu penting.

CATATlah jawaban-jawaban dari pertanyaan anda. Agar tidak alpa.

UMUMNYA ketika berkunjung, apalagi di suatu perusahaan besar, yang terpikirkan oleh kalian bukan substansinya, benak dalam hati kalian memprioritaskan jalan-jalan menjadi hal yang utama. Buang dulu jauh-jauh hal yang seperti itu, fokuslah bahwa kunjungan ini sebagai proses pendalaman, proses pengetahuan untuk mencari sebanyak mungkin informasi yang belum kita jamah.

BIKINLAH suasana yang menarik ketika berkunjung, suasana yang riang dan tidak jenguh, bernyanyi mungkin di dalam bis.

DAHULUKAN anggota untuk diajak, agar kekayaan pengetahuannya bertambah, dan bisa menjadi penyadaran kepada anggota bahwa perusahaan yang kita kunjungi bukan serta merta sukses oleh segelintir orang, tapi semuanya terlibat. Dari Top down dan Bottomm Up selalu berkesinambungan.

KENALILAH lebih dalam manajemennya, contohnya masalah Standar Operasional, Sistem Keuangan, Proes Produksi, Bagaimana mengatasi ketika botol yang hilang, kriteria apa yang dipunyai untuk menjadi seorang karyawan.

JANGAN LUPA hal-hal yang kecil diperhatikan dalam perusahaan itu, entah dalam cara mereka menyambut tamu atau dalam kebersihan kantornya. Small is Beautiful.

TELITI administrasi yang seperti apa yang mereka punya, database yang digunakan menggunakan apa?, bagaimana manajemen kearsipannya?, sistem perekrutan seperti apa yang mereka miliki?.

RUANG LINGKUP struktur organisasi yang seperti apa mereka punya. Dan telisik lebih jauh tentang turunannya.

LUMAT habis isi di dalamnya, siapa tahu banyak hal yang kita ambil dari kunjungan itu.

BERIKAN penghargaan kepada mereka bahwa kita menghayati betul kunjungan ini, dan kita menghormati mereka sebagai Partner in Bussiness, bukan Patrner in Crime.hehehe

BUAT mesra hubungan komunikasi agar bisa menjadi relasi bisnis, jangan pasang muka mesem, kesan pertama yang menarik kita tonjolkan.

LOBILAH mereka untuk memberikan kepada kita kenang-kenangan untuk dibawa, saya yakin itu sudah ada dalam persiapannya.

PENGURUS cobalah berpenampilan yang layak, style yang sopan tutur yang santun itulah kuncinya dalam bergaul, siapa tahu mereka suka sama kita.

BUATLAH suasana yang romantis, agar mereka tak bosan dikunjungi kita, mintalah Contact Person yang berguna untuk kedepannya.

DOKUMENTASIKAN acara ini untuk memberikan “kecemburuan” bagi perusahaan lain, bahwa Coca-cola aja mau dihubungin loh, bagaimana perusahaan minum anda Pa?, bisakah untuk dikunjungi oleh kami.

HATI-hatilah dalam perjalanan, berangkat atau pulang. Anda membawa nama institusi, segala tanggung jawab ada pada institusi ini.

PUASKANLAH semuanya atas kunjungan ini, dan konciannya ada di tangan Pengurus.

Salam damai dari kalbu...

0 comments:

Post a Comment